Kamis, 08 Desember 2011

SURVEY KEPUASAN MAHASANTRI TERHADAP SARANA PRASARANA MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON


KEPUASAN MAHASANTRI TERHADAP SARANA PRASARANA MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON








GINA PATRIASIH
NIM 14111520077




BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Puas adalah rasa dan yang namanya rasa itu sangat relative dan subjektif.  Satu hal sama biasa menimbulkan perasaan berbeda pada dua orang yang berbeda. Karena itu penilaian kepuasan   rata. Kepuasan seseorang sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Antara lain adalah faktor sosial ekonomi faktor kepribadian yang melekat dan menjadi warna hidup seseorang karena pembawaan ataupun karena pengaruh lingkungan maupun karena faktor latar belakang pendidikan.
Fasilitas adalah sarana untuk melancarkan pelaksanaan fungsi; kemudahan sosial fasilitas yang disediakan oleh pemerintah atau swasta untuk masyarakat, seperti sekolah, klinik, dan tempat ibadah; umum fasilitas yang disediakan untuk kepentingan umum, seperti jalan dan alat penerangan umum.
Menurut Buku Pengelolaan Sarana Prasarana Rekreasi oleh Nanik Darsini, S.Pd Prasarana: Segala sesuatu yang merupakan utama terselenggaranya suatu proses. Sarana: Segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai makna dan tujuan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Prasarana: Segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek,dsb), (Kamus Besar BI, 2002:893). Sarana: Segala sesuatu (bias berupa syarat atau upaya) yang dapat dipakai sebagai alat atau media dalam mencapai maksud atau tujuan (Kamus Besar BI, 2002:999). Menurut Google (internet) Sarana dan prasarana adalah salah satu yang memegang peranan penting dalam kelancaran proses belajar mengajar dan peningkatan prestasi akademik siswa. Menurut Hamalik (1980:23) Sarana dan prasarana adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang untuk menyebar ide, sehingga ide tersebut bias sampai pada penerima.
Mahad al Jamiah IAIN SNC harus berfungsi sebagai pusat pembinaan keimanan kepada Allah SWT. Berbagai kegitan dan aktivitas dilaksanakan dalam upaya pembinaan dan peningkatan keimanan kepada Allah SWT.  Mahad al Jamiah IAIN SNC juga harus dapat menjadi tempat pembinaan akhlak.
Etika dalam beribadah, etika bergaul, etika makan minum, etika berpakaian, serta pembinaan rasa tanggung jawab, kedisiplinan, solidaritas, kerja sama maupun aspek kerapihan dan kebersihan merupakan hal-hal yang menjadi tanggung jawab asrama/Mahad al Jamiah IAIN SNC dalam melakukan pembinaan kepada mahasantri. Pembinaan tersebut dilakukan dengan satu maksud yaitu agar mahasantri Mahad al Jamiah IAIN SNC tumbuh menjadi mahasantri yang berakhlakul karimah.
2. Tujuan Dan Manfaat Survey
Survey ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan mahasantri terhadap fasilitas Mahad al Jamiah IAIN SNC yang disediakan oleh IAIN SNC. Hasil survey ini dapat djadikan sebagai acuan untuk memperkirakan keinginan dan harapan mahasantri terhadap Mahad al Jamiah IAIN SNC agar  lebih baik lagi dalam fasilitas, sarana dan prasarana Mahad al Jamiah IAIN SNC.
3. Metode Penelitian
1.      Populasi dan Sampel
Populasi penelitian ini adalah mahasantri Mahad al Jamiah IAIN SNC. Mahasantri yang dijadikan sampel adalah mahasantri pada periode 2011/2012. Teknik pengambilan sampel di tentukan dengan pruposive sampling. Adapaun besar sampling error (margin error) dalam hal ini di tetapkan 10%. Dengan penetapan margin error tersebut telah diketahui besarnya populasi (N) adalah 356, kemudian besarnya sampel di tentukan dengan menggunakan formula sebagai berikut :
                                  
n = 77.96 (dibulatkan menjadi 78)
                        jadi akan di pilih 78 responden sebagai sampel
keterangan :
n = besarnya sampel
N = besarnya populasi
 e  = besarmya kesalahan sampel yang dikehendaki (sampling error atau margin error)
2.      Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian angket kepada mahasantri yang berisi daftar pernyataan/pertanyaan tentang fasilitas sarana dan prasarana Mahad al Jamiah IAIN SNC. Bentuk angket dapat di lihat pada lampiran.
3.      Waktu Pelaksanaan Survey
Untuk mendapatkan 78 responden, survey ini membutuhkan waktu selama 4 hari yaitu pada tanggal  28 November 2011 sampai dengan 1 Desember 2011.
4.      Akurasi Survey
Survey  ini menggunakan margin error sebesar 10% dengan besar populasi 356.
5.      Teknik Analisis Data
Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif. Setiap butir penialian akan digambarkan dalam sebuah diagram lingkaran (pie chart). Diagram ini menggambarkan presentase masing-masing tingkat penilaian yang diberikan oleh responden adapun alat bantu pengolahan data dalam hal ini digunakan program aplikasi Microsoft Excel 2007.






BAB II HASIL SURVEY
1.      Profil Responden
78 mahasantri yang terpilih sebagai responden terdiri dari beragam kategori lantai, alamat, dan jurusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar